Dana PNPM Banten 2010 Capai Rp200 M

Anggaran program nasional pemberdayaan masyarakat (PNPM) mandiri pedesaan di Provinsi Banten pada 2010 bakal mengalami kenaikan Rpl6 miliar dari Jumlah yang diterima Rp200 miliar.

Tahun ini terjadi kenaikan sampai Rp 16 miliar Jika dibandingkan tahun lalu. Dimana Provinsi Banten menerima anggaran sebesar Rp 184 miliar," ujar Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat Desa (BPPMD) Prov Banten H Sigit Suwitarto.Menurutnya, untuk tahun 2010 ini dari delapan daerah di Provinsi Banten hanya limakabupaten/kota yang menerima dana PNPM Mandiri Pedesaan, masing-masing Kota Tangsel, Kab Serang, Kab Tangerang, Kabupaten Lebak, dan Kabupaten Pandeglang.

Sigit menjelaskan, besarnya Jumlah dana bantuan PNPM mandiri bagi masing-masing desa di lima daerah tersebut besarannya sama. Dengan rincian, untuk Kota Tangerang Selatan diberikan sebesar Rp3,4 miliar untuk tiga kecamatan, Kabupaten Serang Rp42 miliar untuk 28 kecamatan. Kabupaten Lebak Rp 60.4 miliar untuk 27 kecamatan. Kabupaten Tangerang Rp37 miliar untuk 19 kecamatan dan Kab Pendeglang Rp57.2 miliar untuk 33 kecamatan.

Selain sumber dana yang berasal dari APBN, alokasi PNPM Mandiri Pedesaan ini mendapat tambahan dari dana pendamping dari masing-masing kabupaten/kota penerima sebesar 20 persen dari dana yang diterima dari pemerintah pusat.Misalnya Pemkot Tangsel menyiapkan dana pendamping PNPM mandiri pedesaan Ini dari APBD sebesar Rp850 Juta, Kabupaten Serang menyiapkan dana pendamping sebesar Rp 10,5 miliar. Kabupaten Tangerang disiapkan sebesar Rp9.25 miliar,
Silakan test kecepatan sinyal Download dan Upload Internet anda